Taman Maluku Bandung



Gambar 1. Taman Maluku Bandung


Hai sobat Mistis Bandung, kali ini kita akan membagikan sedikit informasi yang berasal dari berbagai sumber dan juga hasil ekspedisi tim kami di Taman Maluku Bandung.

Taman Maluku Bandung, mungkin yang orang orang pikirkan jika mendengar nama tempat ini akan langsung dihubungkan dengan sebuah patung di taman ini. Konon, patung itu adalah patung Pastor H.C. Verbraak yang hidup di tahun 1835-1918. Beberapa menyebutkan bahwa Pastor Verbaak meninggal ini karena pesawat yang ditumpanginya jatuh tepat di tempat berdirinya patung ini. Benarkah seperti itu?



Pria kelahiran Rotterdam ini, kemudian mendedikasikan dirinya sebagai missionaris untuk wilayah Hindia-Belanda di usianya yang ke-27. Pada tanggal 15 Oktober 1872, untuk pertama kalinya ia datang ke Indonesia dan menyebarkan agama Kristen di daerah Padang. Setelah dari Padang, beliau melanjutkan misinya ke wilayah Aceh.

Di Aceh, tepatnya pada tahun 1977, pemerintah Belanda memberikan sebidang tanah yang kini dikenal dengan nama Pante Pirak. Untuk tempat pelayanan, para tentara Belanda kemudian mendirikan kapel yang terbuat dari kayu. Keberadaan kapel ini tidak terlalu lama, sebab lokasi berada di daerah rawan banjir. Karenanya, para tentara Belanda kemudian mendirikan tempat yang lebih layak berupa gereja. Kelak, gereja yang didirikan ini menjadi gereja pertama di Aceh. Di aceh juga ia menetap selama 33 tahun sebelum akhirnya  dan mengakhiri masa pengabdiannya sebagai pastor dan missionaris. Di akhir masa pengabdiannya, beliau menetap di Kota Magelang, jawa Tengah. Di kota ini juga Pastor Verbaak mengakhiri hidupnya.

Semasa hidupnya, beliau dikenal sebagai orang yang peduli pada kemanusiaan. Membantu korban perang baik dari bangsanya, mau pun bangsa pribumi. Atas kepeduliannya tersebut, beliau dikenal sebagai orang yang dekat dengan masyarakat dan dicintai oleh semua orang.

Untuk menghormati jasanya tersebut, The Dutch East Indian Army membangun monumen berupa patung berwujud dirinya di kota Bandung, tepatnya di taman Maluku yang dulu dikenal sebagai Moluken Park.


Gambar 2. Patung The Dutch East Indian Army (Taman Maluku Bandung)


Ironisnya, didirikannya patung ini justru berdampak pada lahirnya mitos hantu Pastur Verbaak yang berkembang dari masa ke masa. Namun, di sisi lain, keberadaan mitos hantu di Taman Maluku Bandung ini, justru bisa dianggap sebagai kearifan ekologi.

Setelah itu banyak kejadian mistis yang menjadi mitos di masyarakat.

Konon Patung Pendeta itu akan bergerak setiap tengah malam bila ada yang melintas di taman tersebut, saksi lain juga mengatakan pernah melihat patung tersebut memperhatikannya dan membuatnya berlari hingga terjatuh ke tepian jalan. Menurut warga setempat, setiap tengah malam memang taman maluku terasa lebih menyeramkan karna memang jarang sekali orang mengunjungi tempat ini.

Tim Mistis bandung mengadakan kunjungan mistis terhadap tempat tersebut dan mencoba untuk menguak kebenarannya dan beberapa poin dibawah ini merupakan hasil dari penulusuran kami yang kami dapatkan berdasarkan penuturan dari makhluk ghaib penghuni disana.

1. Patung Pendeta
Patung pendeta yang konon katanya sering berganti posisi pada tengah malam ternyata hanyalah ulah makhluk ghaib yang memanipulasi penglihatan manusia dengan cara menyerupai patung tersebut dan bergerak seolah-olah patung tersebutlah yang bergerak. Dan menjadikan hal tersebut dipercayai oleh masyarakat dari dulu hingga sekarang.

2. Sosok wanita Bergaun Putih
Sosok wanita bergaun putih ini hampir menyerupai orang belanda atau sering disebut noni belanda. Keberadaan sosok ini cukup mengganggu karena kedatangan nya selalu disertai dengan bau melati yang menyengat.

3. Buto ijo
Sosok buto ijo ini merupakan sosok yang mempunyai energi paling besar. Sosok ini juga yang mengaku penjaga dari taman tersebut.

4. Sosok Tinggi Besar
Sosok ini merupakan penjaga dari patung tersebut dan konon di bawah patung ini ada sebuah makam yang harus dijaga oleh sebangsa mereka. Makam tersebut pula yang menurut penuturan nya makam dari pendeta tersebut akibat terjatuh dari pesawat.

Mungkin itu hanya beberapa dari seluruh mitos gaib yang ada ditaman tersebut. Ingin tahu lebih banyak? Silakan bersilaturahmi ke taman maluku dan tanya mereka.

Jangan baca Mistis Bandung sendirian.


Gambar 3. Taman Maluku Bandung

Komentar

Posting Komentar

NO SARA DUDE, REMEMBER

Postingan Populer